jump to navigation

Manajenen Visi, Misi dan Tujuan September 12, 2008

Posted by Dadan Wahidin in manajemen.
trackback

1. Menetapkan Visi, Misi dan Tujuan Organisasi

MISI ORGANISASI

· Visi Organisasi adalah suatu skenario masa depan organisasi yang diusahakan untuk diwujudkan

· Visi Organisasi adalah gambaran masa depan organisasi yang atraktif dan realistik

· Visi Organisasi merupakan artikulasi arah dan cita-cita yang hendak dicapai di masa depan, suatu masa depan yang lebih baik, lebih berhasil, atau lebih mendekati harapan

· Visi Organisasi merupakan cerminan dari pemahaman yang mendalam dan luas dari kecenderungan organisasi yang akan mengarahkan usaha organisasi kini dan masa depan

VISI ORGANISASI DIHARAPKAN DAPAT BERPERAN SEBAGAI :

  1. Arahan Pengembangan Organisasi
  2. Motivator Pengembangan Organisasi
  3. Perwujudan dari Tata Nilai Luhur yang dianut organisasi
  4. Sumber inspirasi bagi anggota organisasi
  5. Visi organisasi menjadi landasan bagi pengembangan iklim kerja yang transformasional
  6. Kendali psikologik bagi kegiatan organisasi
  7. Penentu “Standard of Exellence”
  8. Menjembatani masa kini dan masa depan
  9. Menciptakan makna bagi anggota organisasi

KAPAN ORGANISASI MEMERLUKAN VISI BARU

ATAU PENYEGARAN VISI ?

· Bila ada ketidakjelasan atau kerancuan tentang tujuan atau cita-cita organisasi

· Anggota organisasi mengeluh karena kurangnya tantangan dan kegairahan kerja

· Organisasi kehilangan posisi persaingan dan daya inovasi

· Organisasi “ketinggalan” dalam menanggapi perkembangan lingkungan

· Anggota organisasi kehilangan kebanggaan

· Anggota organisasi memilih menghindari risiko, tidak berani menerima tanggung jawab dan hal-hal baru

· Merasa bahwa organisasi mengalami kemandegan, atau kehilangan momentum untuk mencapai kemajuan

MISI ORGANISASI

Misi Organisasi adalah suatu pernyataan organisasi tentang apa yang dianggap sebagai tanggungjawabnya untuk diwujudkan selama suatu kurun waktu tertentu dalam rangka merealisasikan visi organisasi di masa depan.

HAKEKAT MISI ORGANISASI DAN MAKNANYA BAGI ORGANISASI :

1. Misi organisasi adalah penjabaran secara konseptual dari alasan keberadaan dan legitimasi organisasi

2. Misi organisasi mencerminkan komitmen organisasi untuk memenuhi tanggungjawabnya kepada semua pihak yang berkepentingan dan terkait dengannya

3. Misi organisasi mencerminkan pola implementasi tata nilai yang dijunjung tinggi di lingkungan organisasi yang bersangkutan

RUMUSAN MISI ORGANISASI YANG BAIK :

1. Dijabarkan dengan jelas

2. Memiliki cakupan yang komprehensif, tetapi sekaligus tepat dan spesifik

3. Mampu menghasilkan tindakan nyata

4. Menjadi acuan untuk pengendalian diri sendiri

5. Memberikan gambaran tentang ideologi organisasi

HAL-HAL YANG PALING ESENSIAL DI DALAM PROSES

PERUMUSAN VISI DAN MISI ORGANISASI :

1. Berwawasan Kontekstual

2. Menggunakan Pendekatan Sistem yang Holistik

3. Aspiratif

4. Kolaboratif

5. Kepemilikan Visi dan Misi Organisasi Ada pada Pimpinan dan seluruh Anggota Perusahaan

VISI ASTRA 2000 :

No.

Pernyataan

Indikator Keberhasilan

1.

Market Domestic Leader and Global Player

5-5-50: The big 5 in 5 year with asset $ 50 Billion

2.

Growth Profitability

Better than closest competitor

3.

Efficient Cost Satisf

(Hemat) (Cermat)

Leadershipo dan disiplin

VISI PT POS INDONESIA :

Senantiasa berupaya untuk menjadi penyedia sarana komunikasi kelas dunia, yang peduli terhadap lingkungan, dikelola oleh SDM yang professional, sehingga mampu memberikan layanan terbaik bagi masyarakat serta tumbuh dan berkembang sesuai dengan konsep bisnis yang sehat.

MISI PT POS INDONESIA :

0 Menyediakan sarana komunikasi yang andal dan terpercaya bagi masyarakat dan pemerintah guna menunjang pembangunan nasional serta memperkuat kesatuan dan keutuhan bangsa dan negara

0 Mengembangkan usaha yang bertumpu pada peningkatan mutu pelayanan melalui penerapan IPTEK tepat guna untuk mencapai kepuasan pelanggan serta memberikan nilai tambah yang optimal bagi karyawan, pemegang saham, masyarakat dan mitra kerja.

VISI LEARNING FORUM :

Sebuah model keunggulan internasional,

memudahkan perubahan dalam belajar,

menghasilkan orang yang kreatif, berpendidikan, bertanggung jawab,

berpartisipasi dalam masyarakat global.

RAPAT VISI

KETIDAKJELASAN VISI ADALAH MASALAH BESAR.

KETIDAKMANTAPAN PEMIKIRAN TENTANG VISI TELAH MENIMBULKAN KETIDAKMANTAPAN GERAK.

Sesuaikan Isi dengan Konteks

Bayangkan sebuah mangkuk berisi buah. Mangkuk adalah konteksnya, yang mewadahi segala sesuatu bersama-sama. Visi, prinsip, nilai, keyakinan dan budaya kita mendefinisikan lingkungan dan tindakan kita. Semua ini menentukan konteks hidup kita. Dalam kasus Learning Forum, isinya termasuk SuperCamp, video yang kami hasilkan, seminar pelatihan yang kami tawarkan dan hal-hal lain yang kami lakukan.

Konteks organisasi/perusahaan menyatukan hal-hal tersebut dan kemudian menjadi landasan falsafahnya. Semakin kuat dan semakin erat konteks (mangkuknya), semakin banyak anggota staf yang dapat disatukan. Sejauh itu, efisiensi dan efektivitas mereka meningkat dan perusahaan mendapatkan keberhasilan besar. Buckminster Fuller bahkan menciptakan istilah untuk menggambarkan fenomena ini, “Sinergi,” katanya, “diciptakan bila jumlah keseluruhannya lebih besar daripada jumlah bagian-bagiannya.” Bila perusahaan rugi dan prinsip-prinsip perusahaan tidak terdefinisi dengan jelas, landasan (mangkuknya) lemah, dan setiap orang mempunyai visi yang berbeda-beda, atau tidak punya visi, maka ini akan menghasilkan staf yang tidak efektif, frustasi dan organisasi yang tidak produktif.

Mungkin hal yang paling sulit adalah proses menciptakan visi itu sendiri. Pembuatan pernyataan itu memaksa kami untuk merumuskan dan menjelaskan pandangan-pandangan kami secara cermat.

· Saya sadari bahwa pernyataan visi adalah alat yang bernilai untuk mengilhami kami dan mendorong kami agar tetap termotivasi.

· Pernyataan visi ini mengingatkan kami mengapa kami bergerak dalam bisnis ini.

· Visi ini menjaga kami agar tidak menyimpang dan menyia-nyiakan sumber-sumber yang bernilai pada proyek yang tidak tepat.

· Visi memberikan kepada para staf alasan lebih dalam kenapa mereka bekerja setiap hari, alasan yang lebih penting daripada sekedar gaji.

Tanpa visi, tidak ada yang memandu kami, memaksa kami.

Di Learning Forum, bagian dari memformulasikan pernyataan visi perusahaan kami adalah melihat dengan seksama masa lalu dan sekarang, kemudian memproyeksikan diri kami untuk sepuluh tahun ke depan. Kami melakukan ini di ruang rapat yang melibatkan seluruh staf.

Masa Depan Menjadi Hidup

Pertama, kami membicarakan sejarah perusahaan kami dan keadaan sekarang. Duduk bersama dalam lingkaran, kami berbagi kenangan masa lalu. Kami membuat grafik/gambar yang melukiskan trend politik dan bisnis. Kami menghidupkan sejarah kami melalui cerita dan foto-foto lama hingga setiap orang mengerti betul dari mana kami mulai, dan masa sekarang tempat kami pada saat ini.

Kemudian kami membuat beberapa kelompok kecil yang terdiri dari tiga atau empat orang dan mulai memetakan masa depan kami. Setiap kelompok memusatkan pada bidang perusahaan yang berbeda. Menggunakan kertas panjang, dengan garis titik-titik di baris atas untuk menghitung tahun kami mencatat tonggak-tonggak penting masa depan.

Mula-mula kami bergerak secara hati-hati, tapi begitu kami bergerak lebih lanjut ke dalam proses, momentum diperoleh dan kami bertambah semangat dan imajinatif. Moto kami menjadi “Segala sesuatu berlangsung”, dan kami mulai meneriakkan ide yang kelihatannya gila seperti “teleporting ke lokasi-lokasi musim panas; film SuperCamp; pertunjukan televisi Learning Forum”. Sejak hari itu, beberapa “ide gila” itu telah menjadi kenyataan. Saya yakin hal-hal tersebut tidak akan terjadi tanpa upaya ini karena jika kami tidak menyediakan waktu untuk memimpikan proyek-proyek itu, bagaimana kami bisa tergerak untuk mewujudkannya menjadi kenyataan ?

Setelah hampir dua tahun melakukan pertimbangan mendalam tentang tujuan kami, dan banyak menulis ulang, kami sampai pada sebuah pernyataan visi yang benar-benar menggambarkan perusahaan kami dan telah kukuh teruji terhadap waktu.

Pernyataan itu berbunyi :

Sebuah model keunggulan internasional,

memudahkan perubahan dalam belajar,

menghasilkan orang yang kreatif, berpendidikan, bertanggung jawab,

berpartisipasi dalam masyarakat global.

Nilai-Nilai di Dalamlah yang Penting

Tidak seperti prinsip-prinsip, yang bersifat eksternal dan tidak berubah, nilai-nilai dan keyakinan bersifat internal, pribadi dan berbeda untuk setiap orang. “Nilai-nilai ini menjadi ‘kacamata’ yang dengannya kita memandang dunia. Kita mengevaluasi, menetapkan prioritas, menilai dan bertingkah laku berdasarkan cara kita memandang kehidupan melalui kacamata ini.”

Bagi perusahaan yang ingin berhasil, nilai-nilai karyawan harus disatukan dengan nilai-nilai perusahaan. Jika tidak, maka karyawan akan merasa tidak nyaman dalam lingkungan itu dan akan mengubah cara pandang atau bahkan berhenti bekerja.

Di Learning Forum, kami mengadakan rapat-rapat untuk memperjelas nilai-nilai dan keyakinan pribadi serta perusahaan. Dan kami telah temukan bahwa sangat berharga untuk menuangkan pengakuan ini dalam bentuk tulisan. Kami juga mengkomunikasikan nilai-nilai dan prinsip kami dalam literature kantor.

Rapat Visi : Hari untuk Memusatkan Pikiran

Kami berusaha untuk membuat konteks kami sebagai bagian dari keseharian kami. Akan tetapi, satu hari saat kami betul-betul memusatkan pikiran pada konteks itu adalah pada saat Rapat Visi tahunan.

Rapat Visi kami diadakan sehari penuh.

AGENDA-AGENDA RAPAT VISI

CUKUP FLEKSIBEL UNTUK

MENGADAKAN PERUBAHAN DARI

TAHUN KE TAHUN

Agenda contoh :

Semua staf duduk dalam lingkaran

· Ucapan selamat datang dan pembukaan

· Eksplorasi dan membaca pernyataan visi

· Aktivitas untuk membuat visi secara pribadi lebih bermakna

· Kisah bisnis Anda (masa lalu)

· Peninjauan ulang prinsip-prinsip dan keyakinan

· Lingkaran komunikasi (Setiap orang menceritakan kisah pribadi yang berkaitan dengan prinsip dan keyakinan)

· Aktivitas Hubungan / Pembentukan Tim

· Peninjauan-ulang tahun lalu yang mengarah pada situasi sekarang

· Laporan aktivitas, laporan keuangan dan sebagainya

· Memberikan gambaran tujuan perusahaan dalam lima hingga sepuluh tahun mendatang

· Aktivitas untuk menciptakan-bersama semua ini sejalan dengan tonggak-tonggak penting tahunan

· Diskusikan/rencanakan tahun mendatang, peran-peran karyawan, aktivitas dan tujuan

· Foto bersama (nantinya dibingkai dengan pernyataan visi untuk setiap karyawan)

· Berikan hadiah yang berisikan kata-kata yang mengandung inspirasi

· Pesta penutupan

About these ads

Komentar»

1. sunario - November 24, 2008

saya sependapat dengan anda.

tapi bagaimana kalau semua visi & misi itu gagal?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: