jump to navigation

Manajemen Waktu

1. Management Waktu

1.a. Mengapa Waktu Harus di Manage ???

Pentingnya me-manage waktu :

1) Agar dapat mencapai tujuan hidup saya

Modal waktu setiap manusia adalah sama, yang berbeda adalah cara mengisi waktunya. Orang yang sukses akan mengisi waktunya dengan sesuatu yang tidak disukai oleh orang yang gagal. Maka makna dari suatu waktu akan tergantung dengan apa kita mengisi waktu tersebut.

2) Agar dapat menunaikan hak-hak orang lain yang ada dalam diri saya

Allah memiliki hak atas diri kita, orang tua memiliki hak atas diri kita, muslim lain memiliki hak atas diri kita, keluarga kita memiliki hak atas diri kita, tubuh kita memiliki hak atas diri kita. Seorang Muslim adalah orang yang dapat menunaikan seluruh hak-hak tersebut diatas.

1.b. Prinsip-prinsip Dasar Pemanfaatan Waktu

· Disiplin Waktu.

Yaitu ketepatan waktu dalam kehadiran dan penyelesaian tugas.

o Ketidak disiplinan waktu adalah sumber kegagalan

o Ketidak disiplinan waktu akan membebani orang lain

· Meningkatkan Kualitas Pengisian Waktu

Cobalah selalu bekerja lebih keras. Kita bisa meningkatkan hasil antara 10 hingga 15 % dengan melakukan usaha sedikit lebih. Jika Anda berencana untuk membaca sejumlah halaman tertenu atau bekerja hingga jam tertentu, Anda bisa memaksa diri melakukan sesuatu lebih sedikit dari itu. Kebiasaan ini dapat meningkatkan produksi dan membantu keberhasilan. Karena tugas selalu lebih banyak dari waktu yang tersedia, kebiasaan ini bisa membuat kita lebih produktif dan menguntungkan.

· Jangan tangguhkan pekerjaan hingga esok

Jika Anda menangguhkan suatu pekerjaan, tugas Anda akan bertimbun. Anda tidak tahu apakah yang akan terjadi pada esok hari. Adalah sesuatu yang melegakan jika Anda memulai kerja hari ini tanpa ada pekerjaan kemarin yang masih tertinggal. Latihan yang baik adalah melakukan tugas dengan serta merta jika tugas itu hanya 5 menit atau kurang. Jika tugas itu lebih dari 5 menit, jadwalkan menurut prioritasnya. Coba bayangkan Anda dapat melakukan dua belas tugas dalam satu jam. Jika ada sepuluh orang seperti Anda dalam organisasi, efektivitas tugas Anda sungguh menakjubkan.

· Prioritas Waktu

Jika ada lebih dari satu schedule task yang harus dikerjakan dalam satu waktu apa yang harus kita lakukan ? Berikut ini arahan-arahan dalam memilih prioritas waktu :

Ø Prinsip Patero 80/20

Bahwa 80% dari nilai suatu kelompok kegiatan biasanya hanya terpusat pada 20% saja dari seluruh kegiatan tersebut.

Bila anda memiliki sebuah daftar pekerjaan harian yang berisi sepuluh pekerjaan, maka berarti anda dapat berharap untuk memperoleh efektifitas sebesar 80% dengan hanya berhasil menyelesaikan dua hal yang paling penting dari daftar anda !

Ø Di mana kekuatan Anda lebih dibutuhkan

Kita biasanya bekerja bersama TIM. Maka kajilah pada TIM yang mana kekuatan Anda lebih dibutuhkan. Lalu perkuatlah kekuatan TIM yang (terpaksa) Anda tinggalkan (secara psikologi atau Anda dapat meminta tugas-tugas yang dapat Anda selesaikan untuk meringankan beban TIM yang Anda tinggalkan)

INGAT !!!! Aktivitas manapun yang Anda pilih; Anda tetap tidak boleh melalaikan aktivitas lain yang Anda tinggalkan !

· Multi Tasking : Memanfaatkan waktu yang terluang

Bagaimana waktu berlalu ??? (simulasi)

Apa yang Anda lakukan pada menit-menit yang terluang, yaitu waktu yang Anda sebut sebagai waktu lebih? Adakah Anda sadar bahwa buku-buku dapat dihasilkan, Qur’an dan Hadis dapat dihafal sepenuhnya?

Waktu yang terluang itu mungkin beberapa menit sewaktu menunggu. Apakah anda menamakan waktu yang terluang ini sebagai waktu yang kreatif? 15 menit sehari bermakna sebelas hari setahun, 30 menit sehari bermakna 22 hari setahun.

Simulasi :

BERHARGANYA WAKTU YANG BERLALU : Kita semua tentu memiliki suatu keinginan untuk mengerjakan suatu aktivitas tertentu yang mungkin selama ini belum dapat kita laksanakan dengan alasan kita tidak memiliki waktu untuk mengerjakannya.

Tetapi bayangkan, jika Anda memiliki waktu kosong selama 260 jam dalam setahun, aktivitas apa saja yang ingin Anda kerjakan selama waktu tersebut ?

(Mintalah peserta untuk membayangkan dan menuliskannya)

Anda akan dapat menyelesaikan kegiatan-kegiatan yang besar dalam jangka waktu seperti itu: Anda dapat

· Menghafal sebagian besar ayat-ayat Qur’an

· Mempelajari teknik-teknik membaca cepat

· Memperoleh keterampilan khusus

· Membuat lingkungan Anda paling indah untuk dilihat

· Mempelajari bahasa asing

· Menulis buku

Darimanakah Anda dapat memperoleh waktu 260 jam tersebut ?

Sebagai contoh, dengan mengabaikan satu jam pada setiap hari bekerja, Anda memperoleh 260 jam setahun atau sama dengan 32 hari bekerja penuh.

BAGAIMANA WAKTU BERLALU : Renungkanlah aktivitas rutin yang Anda kerjakan setiap hari lalu tuliskanlah beserta waktu yang Anda gunakan untuk mengerjakan aktivitas tersebut (Terutama aktivitas-aktivitas kosong, seperti menunggu kedatangan guru dikelas, menunggu waktu masuk sekolah, dll). Jika sudah, kalikan setiap waktu tersebut dengan 356. Itulah waktu yang Anda perlukan dalam setiap tahun untuk mengerjakan aktivitas tersebut.

1.c. Mengisi Waktu

1.c.i. Untuk apa saja waktu kita gunakan ?? (mungkin seperti ini🙂

1. Ibadah dan peningkatan ketaqwaan

2. Penunaian hak-hak keluarga

3. Belajar. Belajar dari apa sih ??? Apakah hanya pelajaran sekolah saja ???

4. Aktivitas di KRM

5. Penunaian hak-hak tubuh dan istirahat. Bentuk istirahat yang baik itu bagaimana sih?

1.c.ii. Bagaimana cara memaksimalkan pemanfaatannya ??

1. Ibadah – peningkatan ketaqwaan

Hadirkan ikhlas dan khusyu dalam ibadah. Inilah sumber kualitas dan buah dari ibadah

Biasakan beribadah secara berjama’ah (shalat secara berjama’ah, berada di lingkungan ahli ibadah, dll). Hal ini akan lebih memotivasi dan menjaga keimanan diri

Lakukan musyaratah dalam beribadah, sehingga amalan kita terpelihara. Siapkan “amunisi” agar mudah menggunakannya disaat luang

Selalu alokasikan waktu secara rutin untuk mempelajari al-Islam. Ilmulah pembangkit amal.

Pastikan untuk setiap hari menyisihkan sebagian waktu untuk berpikir (muhasabah), mengadakan refleksi dan membuat rencana (musyaratah). Barangkali, salah satu alasan mengapa anda sedemikian sibuk adalah bahwa anda tidak mengambil waktu untuk merencanakan.

Jadikan setiap aktivitas kita menjadi ibadah dengan cara :

1. Niatkan karena Allah (biasakan memulai dengan do’a)

2. Jangan melakukan yang haram atau bid’ah

2. Penunaian hak-hak keluarga

Perbagus akhlak !!! Hidup terlalu singkat untuk diisi dengan akhlak yang buruk. Gembirakan orang tua dan keluarga dengan akhlak yang baik. Tip-tipsnya lihat Birrul Walidain.

Sering-sering memberi perhatian kepada anggota keluarga yang lain. Jadilah pribadi yang hangat.

3. Belajar :

Belajarlah secara berkelompok dan manfaatkan keberadaan senior. Jangan membiarkan waktu terbuang hanya untuk memusingkan suatu soal

Ketahui prioritas yang dipelajari (cari soal-soal contoh tahun lalu) Ingat prinsip 80-20.

Manfaatkan metode-metode Quantum Learning untuk mengi-ngat, membaca dan mencatat.

Mulai belajar dari materi yang sulit baru yang mudah. Karena di awal tubuh kita masih segar untuk memperlajari materi yang sukar.

Banyak cari tahu cara belajar orang lain.

Yang dipelajari di bangku sekolah hanyalah sebagian dari yang harus kamu pelajari untuk menjalani hidup kelak. Maka, beraktivitaslah di ROHANI untuk mendapatkan pelajaran yang tidak kamu pelajari di bangku sekolah

Beradalah di lingkungan orang-orang yang berprestasi !

4. Aktivitas di ROHANI

No comment. It’s our world man !!!!

5. Penunaian hak-hak tubuh dan istirahat

Istirahat tidak harus selalu tidur. Yang penting adalah re-kreasi, yaitu kita menjadi segar kembali untuk melanjutkan aktivitas selanjutnya.

Orang dapat ber-re-kreasi dengan melakukan hobi. And remember : ROHANI, Bertualang dalam berbagai pengalaman. Tapi yang penting : usahakan re-kreasi yang bermanfaat.

Hak-hak tubuh meliputi : gizi yang cukup (jangan telat makan !), istirahat yang cukup dan olahraga yang cukup

1.d. Cara Scheedulling Waktu

1. Turunkan tujuan hidup kamu (baik skala jangka panjang atau menengah)

2. Turunkan misi apa saja yang harus kamu lakukan untuk mencapai tujuan hidup kamu itu. Kalau bisa temukan cara terbaik menyelesaikan misi tersebut.

3. Tentukan kapan saja misi itu harus sudah terlaksana (dalam domain waktu) :

Cara-cara scheeduling domain waktu :

o Penjadwalan waktu mingguan :

Catat tujuan terpenting yang harus dicapai selama minggu tersebut.

PERENCANAAN MINGGUAN

Waktu

Senin

Selasa

Rabu

Kamis

Jum’at

Sabtu

8.00

8.30

……

5.00

5.30

Tujuan no. 1 : _____________________________________________

Minggu ke : ______________________________________________

o Penjadwalan aktivitas harian : Menentukan aktivitas apa saja yang harus diselesaikan hari ini

“Tuliskan enam tugas yang paling penting yang harus anda lakukan besok pagi dan berilah nomor urut berdasarkan urutan kepentingannya. Masukkan kertas ini ke dalam saku anda dan besok pagi, hal pertama yang harus anda kerjakan adalah melihat pada tugas pertama dan segeralah mulai mengerjakannya sampai selesai. Kemudian kerjakan tugas kedua dan seterusnya. Lakukan hal ini sampai waktu pulang tiba dan jangan perduli apakah anda hanya dapat menyelesaikan satu atau dua tugas saja. Selanjutnya pada daftar baru untuk hari esoknya, cantumkan hal-hal yang belum terselesaikan di urutan paling atas dan tambahkan tugas-tugas penting yang berikutnya pada daftar tersebut sampai anda memiliki enam tugas lagi yang paling penting pada daftar harian anda. Dengan cara ini anda hanya akan selalu mengerjakan tugas yang penting-penting saja.

Berikan prioritas terhadap pekerjaan yang pokok.

Contoh :

1. Tujuan hidup saya jangka menengah : (6 bulan ini)

a. Lulus dari semester ini dengan rangking termasuk dalam 10 besar

i. Saya harus berusaha mengerjakan sebanyak mungkin soal-soal MT dan IPA

ii. Saya harus belajar Quantum Learning sebagai modal saya untuk menghafal materi-materi mata pelajaran hafalan

b. Tetap terbimbing dalam jalan Islam

i. Saya harus mendapat lingkungan yang Islami (Kharisma, ROHANI, DT, dll)

ii. Dalam seminggu saya harus meluangkan waktu minimal 2 jam untuk mempelajari Islam (mentoring, mendengar khutbah, dll)

c. Melancarkan kemampuan saya berbahasa Inggris

i. Jika orang tua saya berkecukupan, saya ingin les bahasa Inggris

ii. Jika tidak saya harus menciptakan lingkungan yang membiasakan berbahasa Inggris atau karena saya memiliki alumni saya akan sesering mungkin mengajaknya berbahasa Inggris atau saya meminjam saja buku-buku berbahasa Inggris.

d. Telah memiliki berbagai pengalaman berorganisasi agar mampu memimpin dan bekerjasama dengan orang lain => bekal saya untuk kerja kelak.

e. Saya harus memilih organisasi dimana saya dapat mencurahkan kemampuan saya sebaik mungkin.

1.e. Sebuah Renungan tentang Waktu

1. Bagaimana saya memboroskan waktu saya ? Apa yang dapat dilakukan untuk mencegah atau mengurangi pemborosan waktu dimasa mendatang ?

2. Bagaimana saya memboroskan waktu orang-orang lain ? Waktu siapakah yang saya boroskan ? Bagaimana saya dapat mencegah terjadinya hal ini ?

3. Kegiatan-kegiatan apakah yang kini saya lakukan yang dapat dikurangi, dihilangkan atau diberikan untuk dikerjakan oleh orang lain ?

4. Apakah yang dilakukan orang lain yang memboroskan waktu saya? Apakah ada sesuatu yang dapat dilakukan untuk mengurangi atau menghilangkan kejadian-kejadian di masa mendatang? Bila demikian apakah itu ?

5. Apa saja yang telah saya lakukan secara mendesak tetapi tidak penting artinya ?

6. Apakah yang saya lakukan yang mempunyai arti penting dipandang dari segi tujuan-tujuan saya?

7. Apakah saya mempergunakan waktu saya untuk mengejar hal-hal yang penting bagi diri saya? Bila tidak, mengapa? Bila ya, bagaimana ?

Jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan tersebut harus dapat memberikan kepada anda banyak gagasan-gagasan yang akan memungkinkan anda dapat mempergunakan waktu anda secara lebih baik lagi

1. Cara Management Waktu

Bagian 1 : Menjaga amanah waktu

Al-Ashr : setiap waktu harus digunakan untuk meningkatkan iman, meningkatkan amal shaleh, nasihat-menasihati dalam menaati kebenaran dan nasihat-menasihati dalam menetapi kesabaran

Bagian 2 : Menyikapi waktu

Barang siapa yang hari ini sema dengan hari kemarin maka dia termasuk dalam orang-orang yang merug” (H.R. Dailami)

Bagian 3 : Kiat Praktis Manajemen Waktu

  1. Biasakan tertib dan teratur :
    1. Tahu dan taat aturan
    2. Tertib mengambil dan menyimpan
    3. Selalu rapih dan bersih
    4. Segalanya mudah dikenal
    5. Lalu lintas lancar
  2. Selalu terencana :
    1. Harus ada target
    2. Rencana cadangan
    3. Disiplin dalam rencana
    4. Program harus adil
  3. Biasa dengan data dan informasi akurat :
    1. Selalu jelas dan akurat
    2. Bukan tahu tapi paham
  4. Sedia peralatan dan perlengkapan memadai :
    1. Belilah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan
    2. Awali tahu aturan pakai
    3. Pergunakan oleh ahlinya
    4. Ready to Combat
    5. Siapkan cadangan
    6. Rawat berkala
  5. Jangan menunda dan mengulur waktu
  6. Selalu tepat waktu
  7. Biar cepat dan ringkas asal selamat
    1. Buat standar waktu
    2. Berlatih agar gesit dan tangkas
  8. Biasakan Check and Recheck
    1. Buatlah Check List
    2. Re check
  9. Waspadai pencuri waktu
    1. Obrolan sia-sia
    2. Acara TV dan radio
    3. Hobby tiada arti
    4. Keisengan dan kesenangan tiada arti
    5. Lamunan sia-sia
    6. Hati yang busuk

I. Menyibukkan Diri setiap Waktu pada Aktivitas yang Memberikan Manfaat Terbesar di Akhirat

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Al Hasyr:18)

“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan saling nasehat menasehati dalam mentaati kebenaran dan kesabaran” (Al Ashr:1-3)

Menjaga amanah waktu : Penafsiran Abdullah Gymnastiar mengenai surat Al-Ashr : “Setiap waktu harus digunakan untuk meningkatkan iman, meningkatkan amal shaleh, nasihat-menasihati dalam menaati kebenaran dan nasihat-menasihati dalam menetapi kesabaran”

“Sebesar-besar keuntungan di dunia adalah menyibukkan dirimu setiap waktu pada aktivitas yang akan memberikan manfaat paling banyak di hari akhir. Menyia-nyiakan waktu dapat memutusmu dari Allah dan hari akhir, sedangkan kematian memutusmu dari dunia dan penghuninya.” (Ibnu Qayyim al-Jauziyah)

Umur adalah mutiara indah yang tidak ternilai maka hendaklah umur itu disimpan dalam lemari yang abadi di akhirat. (Umar bin ‘Ubayd)

“Gunakah waktu luangmu sebelum engkau sibuk., gunakan waktu sehatmu sebelum engkau sakit, gunakan waktu hidupmu sebelum engkau mati. Dan hisab dirimu sebelum engkau dihisab.” (Umar ibnul Khatab)

II. Menjaga Ketepatan Waktu

“Ketepatan waktu dalam kehidupan dan kerja Islam adalah sama pentingnya dengan menunaikan kewajiban agama dan moral. Setiap Muslim perlu mengingat akan waktu, dan menggunakannya secara bersungguh-sungguh. Apa pun aktifitas yang dijalankan, Muslim mesti bersedia menepati waktu. Kehidupan ini bertujuan, dan manusia bertanggung jawab untuk setiap waktu. Jadi selama ada waktu untuk aktifitas, Anda perlu berada di situ bukan saja tepat pada waktu, tapi sebelum waktunya. Kegagalan untuk memulai tanggung jawab tepat pada waktunya adalah kegagalan dalam keislaman Anda, dalam iman Anda.” (Hisham Al-Talib)

“Seorang muslim yang terpercaya selalu menjaga waktunya dan waktu saudaranya. Oleh karena itu, ia harus teliti akan janji, tidak mendahului atau mengakhirkan waktu. Dia selalu memperhatikan janji pertemuannya sehingga tidak menghambat yang lain. Berapa banyak kemaslahatan yang terbuang habis, berapa banyak bahaya yang menimpa dikarenakan tidak disiplin dalam janji. Berapa banyak pekerjaan yang sukses, dan berapa banyak kerusakan dapat dicegah jika saja ada kedisiplinan dalam janji.” (Muhammad Abdul Halim Mahmud)

Keteladanan Hasan al-Banna : Ustadz Hasan Al Banna berjanji dengan sebagian anggota ikhwan, untuk bertemu di sebuah kawasan taman. Seorang datang sebelum waktunya, lalu yang lain datang tepat pada waktunya. Maka ia menjabat tangan pada ikhwan tersebut sambil tersenyum, kecuali kepada yang datang terlebih dahulu. Ia menjabat tangannya dengan cemberut sambil berkata, “Kamu sekalian betul, kecuali seorang saudaramu.” Untuk diketahui, bahwa datang sebelum waktunya sama seperti datang terlambat setelah waktunya, kedua-duanya tidak bisa diterima.

Keteladanan Hasan Hudaibi : Dalam pertemuan pertama Al Ustadz Hasan Hudaibi dengan ikhwannya setelah pengangkatannya sebagai pimpinan Ikhwanul Muslimin, ia datang dalam acara beberapa menit sebelum dimulai. Ia berdiri diam di depan pintu sehingga jam tepat menunjukkan waktu untuk memulai acara. Ia pun masuk, lalu menyuruh menutup pintu dan melarang masuk seorangpun setelah itu.

III. Tidak pernah menunda sampai esok pekerjaan yang dapat dikerjakan hari ini

Jika Anda menangguhkan suatu pekerjaan, tugas Anda akan bertimbun. Anda tidak tahu apakah yang akan terjadi pada esok hari. Adalah sesuatu yang melegakan jika Anda memulai kerja hari ini tanpa ada pekerjaan kemarin yang masih tertinggal. Latihan yang baik adalah melakukan tugas dengan serta merta jika tugas itu hanya 5 menit atau kurang. Jika tugas itu lebih dari 5 menit, jadwalkan menurut prioritasnya. Peraturan yang berharga ini jika dituruti dapat menjadikan Anda orang yang hebat. Coba bayangkan Anda dapat melakukan dua belas tugas dalam satu jam. Jika ada sepuluh orang seperti Anda dalam organisasi, efektivitas tugas Anda sungguh menakjubkan. (Hisham Al-Talib)

IV. Mengurangi kebiasaan membuang waktu

“Satu desah nafas kita saat menjalani waktu demi waktu, merupakan langkah menuju kubur. Alangkah ruginya kita disaat menjalani sesuatu yang berharga kemudian kita sia-siakan. Orang yang bodoh adalah jika diberikan modal maka modalnya dihamburkan dengan sia-sia. Begitu juga kita jika sudah diberi modal waktu, kemudian waktunya kita hambur-hamburkan maka kita termasuk orang yang bodoh. (KH Abdullah Gymnastiar)

Beberapa kebiasaan membuang waktu : * Obrolan sia-sia * Acara televisi dan radio * Keisengan dan kesenangan tiada arti * Hobby tiada arti * Lamunan sia-sia * Hati yang busuk

V. Efektif dalam memanfaatkan waktu

“Keunggulan sangat dekat dengan orang yang paling efektif dalam memanfaatkan waktunya. Setiap detik adalah peluang bagi peningkatan kemampuan; kemampuan keilmuan, kemampuan diri, kemampuan kelapangan dada, kemampuan ibadah.” (KH Abdullah Gymnastiar)

Menyikapi waktu : “Barang siapa yang hari ini sama dengan hari kemarin maka dia termasuk dalam orang-orang yang merugi” (H.R. Dailami)

 

GENTING

TIDAK GENTING

PENTING

 

I

 

II

TIDAK PENTING

 

 

III

 

 

IV

 

GENTING	TIDAK GENTING PENTING	 I	 II TIDAK PENTING	  III	  IVSegala aktivitas bisa digolongkan menurut penting maupun gentingnya, serta dapat masuk ke dalam satu di antara empat kuadran Matriks Manajemen Waktu.

Suatu aktifitas adalah penting jika kita menganggapnya berfaedah dan menunjang misi, nilai-nilai dan sasaran-sasaran kehidupan kita yang berprioritas tinggi. Suatu aktifitas adalah genting jika kita atau orang lain merasa ia menuntut diberi perhatian segera.

Pemakaian terbaik dari waktu kita berfokus pada kuadran-kuadran yang menekankan unsure “penting” (kuadran I dan II). Di antara dua kuadran ini, fokus utama kita harus pada Kuadran II.

Manusia yang efektif :

* Menghabiskan banyak waktu mereka di Kuadran II, mengembangkan peluang-peluang serta memelihara sumberdaya yang ada

* Mengantisipasi aktifitas-aktifitas Kuadran I dan mengalihkannya ke Kuadran II

* Mencegah atau bersiap-siap menghadapi aktifitas Kuadran I dan karenanya mengurangi atau menghilangkan kegentingannya

* Menentukan dan menghilangkan berbagai aktifitas yang tidak mendukung perwujudan misi kita.

VI. Memanage waktu agar dapat memenuhi hak kepada yang berhak

“Muslim adalah manusia sempurna yang memberikan seluruh hak kepada yang berhak. Ia menunaikan kewajibannya secara total. Inilah salah satu sisi dari ‘ubudiyah kepada Allah. Muslim adalah manusia yang tidak meninggalkan satu pun kewajibannya. Manusia yang tidak ada yang menandingi keutuhan kemanusiaannya.” (Sa’id Hawwa)

Maka penggunaan waktu bagi seorang Muslim akan ia kelola sedemikian rupa guna memenuhi seluruh hak-hak tersebut. Secara lebih rinci, Sa’id Hawwa menyebutkan bahwa kewajiban-kewajiban yang ada dalam diri kita meliputi penunaian hak Allah, hak kedua orang tua, hak kaum kerabat, hak tetangga, hak kerja, hak Muslim, hak nonmuslim, hak negara dan hak makhluk lain.

VII. Mengarahkan kerja dan kehidupan pribadi agar lebih produktif

Kiat-kiat praktis untuk meningkatkan produktifitas pemanfaatan waktu (versi Abdullah Gymnastiar) :

  1. Biasakan tertib dan teratur :
    1. Tahu dan taat aturan
    2. Tertib mengambil dan menyimpan
    3. Selalu rapih dan bersih
    4. Segalanya mudah dikenal
    5. Lalu lintas lancar
  2. Selalu terencana

a. Harus ada target

b. Rencana cadangan

c. Disiplin dalam rencana

d. Program harus adil

  1. Biasa dengan data dan informasi akurat
    1. Selalu jelas dan akurat
    2. Bukan tahu tapi paham
  2. Sedia perlengkapan dan peralatan memadai
    1. Belilah sesuai kebutuhan dan kemampuan
    2. Awali tahu aturan pakai
    3. Pergunakan oleh ahlinya
    4. Ready to combat
    5. Siapkan cadangan
    6. Rawat berkala
  3. Biar cepat dan ringkas asal selamat
    1. Buatlah standar waktu
    2. Berlatih agar gesit dan tangkas
  4. Biasakan check and Re-check
    1. Buatlah check-list
    2. Re-check

Kiat-kiat praktis untuk meningkatkan produktifitas pemanfaatan waktu (versi Hisham Al-Talib):

  1. Rancang aktivitas harian Anda pada setiap pagi dengan mencatat hal-hal yang akan dikerjakan, dan tandai dengan coretan kalau sudah dikerjakan
  2. Jangan mengunjungi teman tanpa menelponnya terlebih dahulu
  3. Senantiasa membawa pensil dan kertas atau nota kecil dalam kantong Anda sehingga Anda mampu mencatat rencana dan ide pada waktu yang terluang
  4. Rancang waktu istirahat dan coba menyesuaikannya dengan waktu shalat
  5. Manfaatkan waktu terluang dengan membaca, menghafal, atau melakukan sesuatu yang konstruktif (membangun)
  6. Jika Anda mempunyai janji, pastikan kedua pihak mengerti waktunya yang jelas
  7. Aturlah waktu perjalanan Anda sesuai dengan jarak yang akan ditempuh, jatahkan untuk biaya yang tidak terduga agar Anda tiba ke tempat tujuan pada waktu yang direncanakan
  8. Siapkan semua benda yang diperlukan sebelum melakukan suatu pekerjaan
  9. Jauhi orang yang berpikiran dangkal dan tamak untuk mencuri waktu Anda
  10. Jangan melakukan perjalanan sendiri, jika Anda dapat menyelesaikannya dengan mengirimkan surat atau telepon
  11. Jika Anda membawa pesan dari seseorang atau berbelanja, tuliskan semua barang, dan rencanakanlah perjalanan Anda dengan baik supaya tidak menempuh jalan yang berjarak dua kali lipat, tetapi tempuhlah jarak yang tersingkat
  12. Cobalah selalu berusaha lebih keras. Kita bisa meningkatkan hasil antara 10 hingga 15 % dengan melakukan usaha sedikit lebih. Jika Anda berencana untuk membaca sejumlah halaman tertenu atau bekerja hingga jam tertentu, Anda bisa memaksa diri melakukan sesuatu lebih sedikit dari itu. Kebiasaan ini dapat meningkatkan produksi dan membantu keberhasilan. Karena tugas selalu lebih banyak dari waktu yang tersedia, kebiasaan ini bisa membuat kita lebih produktif dan menguntungkan

Kita tidak harus menghindari beristirahat atau rekreasi. Yang kita hindari adalah membuang waktu. Rekreasi itu sendiri berarti menciptakan kembali. Salah satu tragedi terbesar dalam kehidupan modern ialah kehidupan kita yang tergesa-gesa, kita sering membiarkan diri kita melesat terlalu jauh dari rohani sehingga diragukan apakah keduanya dapat bertemu kembali di dunia. Bayangkan bagaimana indahnya rohani kita berjalan seiring dengan jasmani. Ambillah waktu sejenak untuk shalat, bertafakur, berfikir dan menguatkan keimanan.

VIII. Membuat penjadwalan waktu untuk menjaga amanah waktu Anda

“Adalah kurang berarti dengan hanya mempunyai cita-cita dan tujuan dalam hidup tanpa disertakan penjadwalan waktu. Hanya dengan penjadwalan waktu kita bisa maju ke depan untuk mencapai cita-cita dan tiba ke tempat tujuan.” (Hisham Al-Talib)

IX. Kuesioner : Menjadikan setiap Hari diperhitungkan

Menghadapi diri kita sendiri dan mengadakan penilaian tentang pemakaian waktu kita memerlukan keberanian yang besar sekali.

  1. Bagaimana saya memboroskan waktu saya ? Apa yang dapat dilakukan untuk mencegah atau mengurangi pemborosan waktu dimasa mendatang ?
  2. Bagaimana saya memboroskan waktu orang-orang lain ? Waktu siapakah yang saya boroskan ? Bagaimana saya dapat mencegah terjadinya hal ini ?
  3. Kegiatan-kegiatan apakah yang kini saya lakukan yang dapat dikurangi, dihilangkan atau diberikan untuk dikerjakan oleh orang lain ?
  4. Apakah yang dilakukan orang lain yang memboroskan waktu saya? Apakah ada sesuatu yang dapat dilakukan untuk mengurangi atau menghilangkan kejadian-kejadian di masa mendatang? Bila demikian apakah itu ?
  5. Apa saja yang telah saya lakukan secara mendesak tetapi tidak penting artinya ?

(Mendesak : kelihatannya memerlukan tindakan segera. Penting : Hal-hal yang mendukung cita-cita dan misi/visi kita)

  1. Apakah yang saya lakukan yang mempunyai arti penting dipandang dari segi tujuan-tujuan saya?
  2. Apakah saya mempergunakan waktu saya untuk mengejar hal-hal yang penting bagi diri saya? Bila tidak, mengapa? Bila ya, bagaimana?

Jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan tersebut harus dapat memberikan kepada anda banyak gagasan-gagasan yang akan memungkinkan anda dapat mempergunakan waktu anda secara lebih baik lagi

Komentar»

1. siwoh - Januari 12, 2009

berbagi ilmu, semoga bagai pohon yang berbuah bermanfaat bagi yang lainnya

2. siwoh - Januari 12, 2009

trims untuk berbagi ilmu, semoga bagai pohon yang berbuah bermanfaat bagi yang lainnya

3. Hendri - Oktober 24, 2009

Content blog ini bagus sekali, Trimkasih bnyak, artikel ini bermanfaat sekali bagi saya pribadi..

4. argi - November 14, 2009

sallut….., emang klo wktu ga’ dimenej bs jd budak hawa napsu, hidup di dunia ni kan cuma sekali, makanya HIDUPLAH YANG BERARTI

5. ryan - Desember 4, 2009

terima kasih lagi y…
semoga bagai pohon yang berubuah,bermanfaat bagi yang lainnya…

6. Wildan - Februari 11, 2010

Hmm…. artikel yang mendidik, trima kasih…

7. aulia - Maret 19, 2010

alhamdulillah..,bisa mendapat ilmu yang saya butuhkan sekarang .
trima kasih..

8. misbahul anwar - Oktober 29, 2010

great…..thank sobat, semoga menjadi ilmu yang bermanfaat………

9. Ncuhi_mBoZo (@Ncuhi_mBoZo) - September 29, 2011

Artikel ne sgt di butuhkan oleh kita semua trutama sy pribadi…

10. Arief Hunowu - Februari 15, 2012

bgus bngetss…. n mksih ats smua informasinya…

11. tajul - April 25, 2013

mas aq minta schedule yang lebih moderat ada ga?

12. agusm - November 15, 2013

waktu adalah pisau skarang aku sudah dapat pisu dari Mas trima kasih yaa mas

13. Teori Manajemen Waktu CD-DVD MATERI PRESENTASI | CD-DVD MATERI PRESENTASI - Agustus 6, 2014

[…] PPT File Name: Manajemen waktu | manajen organisasi Source: adzanwahiddien.wordpress.com » DOWNLOAD « […]

14. muh. adnan - September 2, 2014

Mohon ijin saya manfaatkan. semoga manjadi amal sholih antum. Amin

15. Annisa Justistia ♥ ♥ (@Justistiaaa) - September 16, 2014

Assalamu’alaiykum izin coppas ya Terimakasih..🙂

16. nunik ary indrasari - November 27, 2014

Mature thank u utk ilmunya….semoga bermanfaat untuk saya khususnya DLM me manage waktu

17. Tutik hariyanti - November 27, 2014

Terimakasih atas infonya sangat bermanfaat bagi saya untuk menambah ilmu pengetahuan dalam manage waktu pribadi saya

18. Viky Andriani - November 28, 2014

infonya sangat bermanfaat bagi saya dan bisa menambah ilmu pengetahuan ,,

19. hesti wulandari - November 28, 2014

makasih atas informasinya tentang teori managemen waktunya…informasi ini sangat bermanfaat untuk saya dan skrang saya bisa mengatur waktu saya dengan baik…waktu adalah hal yang berharga bagi saya untuk melakukan kegiatan dengan waktu yang tepat

20. Dian Novita - November 28, 2014

makasih atas infonya tambah ilmu lagi

21. Desi Ernawati - November 28, 2014

terima kasih atas infonya teori ini sangat berguna bagi pelajar

22. setyawati - November 28, 2014

Thanks atas infonya.
Semoga bermanfaat bagi yang sudah membacanya.
Khususnya buat saya pribadi artikel ini sangat bermanfaat,menjadikan saya tau batapa pentingnya mengatur waktu pada setiap harinya.
Thanks verry much pokok.e….😀

23. Ica Nurcayanti - November 28, 2014

Trimakasih atas informasi yg telh diberi

24. mega tri dewi sahara - November 28, 2014

info yang sangat bermanfaat bagi saya,dan bisa menambah ilmu pengetahuan
TERIMAKASIH😉

25. Maniar Febrianti - November 28, 2014

terima kasih atas infonya

26. purwanti - November 28, 2014

Terima kasih buat infonya…
saya rasa artikel ini sangat bermanfaat bagi yang sudah membaca, khususnya saya sendiri…..🙂

27. adelita tri handayani - November 28, 2014

makasih atas info, semoga bermanfaat bagi saya pribadi maupun semua orang,

28. aprillia - November 28, 2014

makasih buat infonya yaaaa moga bermanfaat

29. Febriyati - November 28, 2014

makasih ya infonya semoga bisa bermanfaat dan membuat semua orang lebih menghargai waktu dengan baik🙂

30. liapratama - November 28, 2014

dengan ilmu yg sudah saya baca di atas , sekarang saya jadi lbh bisa menghargai waktu dan akan berusaha membagi waktu dgn sbaik mungkin….??????????????????? trimakasih

31. putri enjang evita - November 28, 2014

makasih atas infonya buat saya🙂

32. wiwiknoviana - November 28, 2014

terimakasih atas infonya yaaa🙂

33. YuniSetiawati - November 28, 2014

Terima kasih buangettttttttttt atas infonya.
semoga bermanfaat bagi semua orang yang sudah membacanya termasuk saya sendiri.

34. ikha kistiyani - November 28, 2014

, makasih atas semua informasi yg d berikan dan semoga manfaat buat saya ,,🙂 dan bisa mengatur waktu lebih baik

35. Devi lndahsari - November 28, 2014

Thanks buat infonya.
Saya jadi bisa memperbaiki waktu saya untuk melakukan hal yang bermanfaat dan lebih bisa menghargai waktu.
Pokok.e sippzz..😀

36. Irda triandani - Desember 7, 2014

makasih atas informasinya.. semoga bisa bermaanfaat untuk saya pribadi maupun untuk orang lain…dan saya bisa memanfaatkan waktu dengan baik,,

37. Riswan Setiawan - Desember 25, 2014

Mantap, artikle yang bagus, semoga bermanfaat


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: